0 di keranjang

Keranjang kosong

WhatsApp CS: +62 812-9908-0045

5 Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tercepat di Dunia

Bulan Ramadan sudah memasuki hari ke-7.

Gimana? Sejauh ini masih lancar kan puasanya?

Kamu yang nggak terbiasa berpuasa, mungkin agak berat puasa di awal Ramadan ini. Total 13 jam kamu nggak bisa makan dan minum. Apalagi cuaca kadang suka ga menentu, kadang panas kadang hujan. Bikin jadi tambah mager. Eits, tapi jangan ngeluh. Masih banyak negara-negara lain yang waktu puasanya lebih lama. Bagi penduduk di negara-negara ini, durasi puasa di Jakarta atau Indonesia pada umumnya nggak ada apa-apanya.

Emang berapa jam sih mereka harus berpuasa? Yuk, simak negara-negara dengan durasi waktu terlama dan tercepat di berbagai belahan dunia.

Waktu Terlama

1. Islandia (22 Jam)

sumber : youtube.com

Di Islandia, hanya ada 0,3 persen atau sekitar 770 orang penduduk yang beragama Islam. Umat Muslim di Islandia melaksanakan sahur pada pukul 02.00 pagi waktu setempat dan berbuka pada pukul 12.00 malam waktu setempat. Logika sederhananya sih, abis buka terus sholat Magrib disambung Isya dan Terawih, eh bentar lagi sudah mau Subuh. Wah, kalo dibayangin cukup repot juga yaa? :’)

2. Swedia (20 Jam)

sumber : go girl.com

Swedia juga menjadi negara terlama berpuasa, yaitu sekitar 2o jam. Umat muslim di Swedia makan sahur pukul 02.30 pagi waktu setempat dan berbuka puasa pada puku; 10.00 malam waktu setempat.

Saat ini kaum muslim Swedia berjumlah sekitar 500.000 orang, atau sekitar 5% dari total populasi. Cuaca panas juga menjadi tantangan besar umat Muslim untuk menjalani puasa di negara ini.

3. Jerman (19 jam)

sumber : optima educatiom.com

Jumlah umat islam di Jerman bisa dibilang sangat banyak yang mana sebagian besar berasal dari Afrika Utara dan juga Turki. Muslim Jerman kabarnya memulai puasa mulai dari jam 03.30 sampai dengan jam 22.00, dengan total kirang lebih 19 jam. Sama seperti beberapa negara, yang menjadi tantangan terberat di negara ini adalah cuaca yang panas, sehingga gampang haus.

4. Inggris (18 Jam)

sumber : expressnew.com

Umat muslim di Inggris harus berpuasa selama 18 jam setiap harinya. Hal itu terjadi karena Ramadhan datang bersamaan dengan musim panas terpanjang di Inggris. Saat ini ada sekitar 2,7 juta umat Muslim yang tinggal di Inggris. Untuk menghindari berbagai penyakit saat musim panas nanti, Komunitas Muslim Inggris sangat gencar mengingatkan para anggotanya agar tetap menjaga kesehatan selama puasa.

5. Kanada (17 Jam)

sumber : affinity.com

Kanada memiliki sekitar satu juta umat islam yang harus menjalani puasa dengan waktu sampai 17 hingga 18 jam. Warga Kanada biasanya memulai sahur pada pukul 03.00 dan berbuka pada sekitar jam 21.00. Menjadi bagian dari kaum minoritas di Kanada memang akan menjadi sangat menantang saat bulan Ramadhan tiba. Di mana kita harus bisa menjaga puasa kita meskipun orang-orang sekitar dengan santainya makan dan minum di kanan kiri. Itulah mengapa banyak yang menyarankan lebih baik bila berpuasa di daerah Toronto saja, sebab populasi muslim di sana cukup banyak. Jadi puasa kita tidak lagi terasa begitu berat deh.

Waktu Tercepat

1. Chili (9 Jam)

sumber : jetfarer.com

Negara yang terletak di Amerika Selatan ini berpuasa selama 9 jam dan 12 menit dalam sehari. Di sini waktu imsak jatuh pada pukul 05.31 pagi waktu setempat dan mereka berbuka puasa pada pukul 15.00 waktu setempat.

2. Argentina (10 Jam)

sumber : yandex.com

Masyarakat Muslim di Argentina menjalani puasa sekitar 10 jam setiap harinya. Singkat banget ya?

Meski minoritas, warga non Muslim Argentina dinilai sangat bertoleransi dan sangat menghormati ibadah. Di Buenos Aires, ibukota Argentina, terdapat sebuah masjid besar yang menjadi pusat studi Islam di Argentina dan negara-negara Amerika Latin. Masjid ini dibangun atas bantuan Raja Fahd dari Arab Saudi.

3. Afrika Selatan (10 Jam)

sumber : wikimedia.com

Afrika Selatan juga memiliki waktu puasa yang pendek jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia. Puasa hanya dilakukan selama 10 jam 30 menit saja, tapi tentu puasa di negara ini juga banyak cobaannya. Salah satunya karena cuacanya yang sangat panas.

4. Australia (11 jam)

sumber : wikipedia.com

Benua yang tidak begitu jauh dari Indonesia juga punya waktu puasa yang lebih cepat. Terutama di wilayah Australia Barat salah satunya Perth. Di sini durasi puasa hanya sekitar 11 jam 59 menit saja. Waktu imsaknya pun lebih siang dibandingkan Indoneisa yaitu pukul 05.42 sedangkan waktu berbukanya mirip dengan Indonesia yaitu 17.41 sore.

5. Antartika (8 jam)

sumber : qubicle.com

Pernah kebayang harus puasa di Antartika? Benua yang terletak di paling selatan ini memiliki waktu puasa tercepat di dunia. Umat muslim yang berpuasa di Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit. Waktu imsaknya pun lebih enak karena baru imsak pukul 06.30 pagi dan berbuka puasa pukul 15.48, walaupun sebentar puasa di Antartika pasti susah banget karena harus melawan cuaca dingin yang ekstrim.

Nah, udah tau kan negara mana saja yang mengalami durasi puasa paling lama dan paling singkat?

Walaupun termasuk singkat bukan berarti lebih enak ya karena beberapa negara puasa dengan waktu tercepat ini berada di cuaca yang ekstrim lho..

Tetap semangat puasanya. Lebaran udah tinggal 23 hari lagi 😀