WhatsApp CS: +62 812-9908-0045
0 produk di keranjang belanja Anda

Tidak ada produk di keranjang.

Cara Mencuci dan Membersihkan Topi Hitam yang Benar

Cara Mencuci dan Membersihkan Topi Hitam yang Benar
Sumber: Google.com

Cara mencuci topi hitam- Teman-teman yang suka pakai topi pasti pernah mencuci topinya dong. Kalau nggak dicuci kebayang gak sih gimana kotor dan baunya topi yang udah dipakai selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Beberapa dari kalian mungkin memilih untuk tidak mencuci topinya karena takut warnanya pudar. Apalagi kalau topi itu adalah topi kesayangan yang tak tergantikan. Nah sekarang teman-teman tak perlu khawatir dengan masalah itu lagi karena di sini Indoclothing akan berbagi tips mencuci dan membersihkan topi (khususnya warna hitam) anti luntur dan pudar.

Sebelum Mencuci

Cara Mencuci dan Membersihkan Topi Hitam yang Benar
Sumber: Wikicell.org

1. Periksa label instruksi untuk mencuci, biasanya berada di bagian dalam topi. Dengan melihat label ini teman-teman akan mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan agar topi tidak luntur.

Sumber: Wikicell.org

2. Jika topi tidak memiliki label instruksi, lakukan percobaan untuk memastikan topi dapat dicuci menggunakan air atau detergen. Caranya usapkan kain putih yang sudah dibasahi dan diberi sedikit detergen pada bagian dalam topi (jika bahan luar-dalam sama) atau bagian tak terlihat lainnya.

Proses Mencuci

Cara Mencuci dan Membersihkan Topi Hitam yang Benar (2)
Sumber: Google

1. Jika Topi Dapat Dicuci dengan Detergen

a. Cuci topi menggunakan air dingin karena air hangat/panas dapat membuat serat topi rusak dan warnanya pudar.

b. Gunakan detergen lembut yang tak mengandung pemutih.

c. Bersihkan dengan perasaan. Di sini maksudnya bukan perasaan yang disuruh bersihin, yang bersihin tetep tangan ya. Teman-teman harus menyikatnya dengan lembut, karena meskipun dapat dibersihkan dengan detergen gosokkan yang tak berperasaan bisa melunturkan warna topi.

d. Setelah dirasa cukup bersih teman-teman bisa membilas topi hingga busanya hilang, ingat bilasnya pakai air dingin.

2. Jika Topi Tidak Dapat Dicuci dengan Detergen

a. Jika topi tidak dapat dicuci dengan detergen teman-teman hanya perlu mencucinya dengan air, ingat air dingin ya.
b. Gosok atau kucek topi dengan lembut hingga kotoran yang menempel hilang dan dirasa sudah cukup bersih. Kalau kotorannya bandel teman-teman bisa memarahinya, kalau masih gak mau hilang juga semprotkan penghilang noda sebelum mulai mencuci.

3. Jika Topi Tidak Dapat Dicuci dengan Air dan Detergen

Jika topi tidak dapat dicuci dengan air ataupun detergen, teman-teman cukup menglap bagian yang kotor secara berulang-ulang dengan kain lembut yang dibasahi sedikit air hingga kotorannya hilang dan bisa menyemprotkan pewangi anti bakteri untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau.

Setelah Mencuci (Proses Pengeringan)

Setelah selesai dicuci, keringkan topi. Teman-teman bisa mengeringkannya dengan hairdryer, kipas angin atau biarkan topi mengering sendiri. Jangan jemur topi di bawah sinar matahari langsung, kenapa? Kulit manusia aja yang buatan Dzat Yang Maha Sempurna kalau dijemur di bawah sinar matahari warnanya bisa berubah apalagi topi yang dibuat sama manusia biasa.

Nah itu dia tips cara mencuci dan membersihkan topi hitam yang benar anti luntur, setelah dibaca diamalkan ya😊