0 di keranjang

Keranjang kosong

WhatsApp CS: +62 812-9908-0045

Tetap Fit Saat Puasa

pic blog ramadhan

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk maintain tubuh kita supaya tetep fit saat puasa, tips mulai dari saat makan sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka. Monggo dibaca rangkumannya di bawah..

pic blog ramadhan 9

 

pic blog ramadhan 2

  • Kurangi makanan berkarbohidrat. Sudah pernah dengar belum kalo beberapa jam setelah sahur, karbohidrat sudah tercerna oleh tubuh? Makanya kalo sahur dengan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat justru bikin lemas dan cepat lapar saat berpuasa.
  • Jika mau makan yang mengandung karbohidrat, makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks; karbohidrat yang ngga langsung tercerna oleh tubuh karena tersusun dari rangkaian kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi tubuh. Contoh: gandum, beras merah, oat, ubi, kentang, kacang polong, kacang merah, brokoli, wortel, selada, jeruk, apel.
  • Makan makanan yang mengandung protein.Dengan kondisi tubuh yang sedang berpuasa, energi utama untuk menghasilkan glukosa (gula) darah adalah protein. Makanya kalo ngga mau cepet lapar dan lemas, saat sahur sebaiknya memiliki menu pendamping yang mengandung protein cukup tinggi. Contoh: ikan, susu, telur, buncis, kacang hijau, kedelai, dsb.
  • Makan makananan yang banyak mengandung air. Akan lebih baik jika mengonsumsi buah saat sahur, karena dapat membantu mengurangi dehidrasi pada saat berpuasa di siang hari dan bisa sekalian memperlancar buang air besar. Makan buahnya sebelum makan menu utama ya 🙂
  • Kurangi penggunaan garam, karena garam menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan cepet laper.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi karena memiliki sifat diuretik, sehingga berefek membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan melalui urinasi.
  • Minum air putih yang cukup (2-3 gelas). Selain bisa menghindarkan dari dehidrasi, ternyata minum air putih yang cukup juga membuat produksi air liur (saliva) tetap stabil, sehingga bisa membantumu mencegah bau mulut saat berpuasa lho.
  • Makan sahur secukupnya. Perut yang terlalu kenyang akan menyebabkan aliran darah menumpuk pada bagian perut, sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang. Hal ini yang jadi penyebab rasa kantuk di pagi hari, ditambah badan lesu/lemas, dan kurang bergairah.
  • Sahurlah di akhir waktu,supaya energi bisa bertahan lebih lama dan bisa sekalian langsung shalat subuh biar segar dan ngga tidur lagi setelah makan sahur, hehe.
  • Setelah sikat gigi, berkumurlah dengan mouthwash yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari bau mulut. Kenapa yang tidak mengandung alkohol? Karena alkohol bisa menghentikan produksi air liur untuk sementara, padahal air liur berfungsi mengontrol perkembangbiakan bakteri merugikan di dalam mulut.
  • additional: Minum teh hijau, kandungancatechin-nya dapat membunuh bakteri di mulut, menghapus plak, dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut 🙂

 

pic blog ramadhan 3

  • Jangan langsung tidur setelah makan sahur. Saat makanan belum selesai dicerna dan kita sudah memosisikan tubuh untuk tidur, makanan bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan. Asam lambung juga bisa ikut naik dan melukai kerongkongan, sehingga kerongkongan akan terasa panas dan mulut terasa pahit.
  • Mengurangi aktivitas saat berpuasa emang wajar sih, tapi jangan sampai ngga beraktivitas sama sekali. Aktivitas dapat membantu menyeimbangkan kondisi di dalam tubuh, maka cobalah untuk beraktivitas secara normal ya. Apalagi di awal-awal puasa, beraktivitas normal akan membantu tubuhmu cepat beradaptasi dengan kondisi puasa.
  • Sempatkan untuk beristirahat sejenak. Waktu istirahat makan siangmu bisa dipakai untuk colongan tidur 15-30 menit dan badanmu akan segar kembali. Anggap aja sebagai reward untuk mengganti waktu tidurmu yang berkurang karena harus bangun sahur pagi-pagi 🙂
  • Lakukan olah raga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki, peregangan, atau yoga untuk memperlancar peredaran darah dan manjaga tubuhmu tetap bugar. Selain itu, bisa buat bantu menjaga berat badan juga. Waktu ideal untuk melakukan olah raga saat berpuasa adalah satu jam – 15 menit sebelum berbuka, jadi setelah selesai berolah raga kamu bisa langsung memuaskan dahagamu deh. Gula darah yang hilang saat olah raga pun bisa langsung tergantikan oleh asupan saat berbuka puasa.

 

pic blog ramadhan 4

  • Hindari berbuka dengan yang dingin, karena lambung bisa kaget setelah kosong selama kurang lebih 14 jam. Air dingin hanya dingin di gelas, namun ketika masuk ke tubuh maka ia harus menyesuaikan dengan suhu tubuh, dan penyesuaiannya akan lebih lama. Berbukalah dengan air putih hangat atau air putih dengan suhu ruang supaya kondisi lambung stabil. Berbuka langsung dengan air dingin bisa mengakibatkan rasa kembung.
  • Setelah itu, berbukalah dengan yang manis untuk mengganti energi yang hilang karena berpuasa, lebih baik lagi jika mengikuti sunnah untuk berbuka dengan kurma 🙂
  • Berbukalah secukupnya, karena makan berlebihan dapat memicu masalah pencernaan serta berefek samping menyebabkan bau mulut. Ingat ya, buka puasa bukan ajang untuk balas dendam lho. Bayangin kondisi perut yang kosong karena berpuasa seharian lalu langsung diberi makanan banyak hingga berjejal, bisa kaget sistem pencernaan kita.
  • Mulailah berbuka puasa dengan menu yang ringan. Lagi, supaya lambung kita ngga kaget. Setelah shalat maghrib, baru lanjutkan dengan menyantap hidangan utama dengan porsi normal yang kandungan nutrisinya seimbang.
  • Hindari makanan yang terlalu berminyak serta kurangi daging-dagingan karena dapat meningkatkan kadar asam lambung. Tingginya kadar asam lambung bisa memicu sakit maag.
  • Makan dengan pelan supaya organ dapat mencerna dengan baik.tips: bagi porsi makanmu menjadi beberapa porsi kecil dan tentukan periode makanmu (misalnya setiap 30 menit sekali) supaya asupan energimu tetap stabil tanpa menimbulkan kenaikan berat badan.
  • Lakukan olah raga ringan setelah 1-2 jam waktu berbuka puasa untuk kesehatan jantungmu (inilah satu alasan di balik rahasia mengapa tarawih itu baik! 🙂)

 

pic blog ramadhan 5

kalo waktunya udah mepet banget sama azan dan kamu belum makan sahur, coba minum air hangat yang dicampur 1-2 sendok makan madu asli. Madu adalah satu-satunya sumber makanan yang tidak meninggalkan ampas di dalam tubuh lho!

Banyak yah tipsnya hahaha..

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa!

2 Komentar

  • homepage

    Quality posts is the key to invite the visitors to visit the site, that’s
    what this web page is providing.

  • Sarang Madu

    What’s up friends, how is everything, and what you would like to say about this article, in my view its actually amazing
    in support of me.

Tulis Komentar